Selasa, 04 April 2017

Contoh Makalah Organisasi Pekerjaan Kantor

MAKALAH ORGANISASI PEKERJAAN KANTOR
MATA KULIAH ADMINISTRASI PERKANTORAN
TUTOR : MAS HALIMAH


















Disusun Oleh :  Sari Faadhila
UPBJJ UT JAKARTA
TUGAS 1
UNIVERSITAS TERBUKA
TAHUN 2016

BAB I
PENDAHULUAN

a.     Latar Belakang
            Timbulnya suatu organisasi karena adanya tujuan yang ingin dicapai. Agar tujuan manajemen tercapai, seorang pemimpin memerlukan organisasi. Organisasi sebagai hasil dari proses manajemen, merupakan rangka dasar tempat orang-orang melakukan sesuatu dimana didalamnya mencangkup alokasi tugas dan penyusunan tugas. Organisasi memiliki tugas pokok dan fungsi yang memberikan corak dan sifat organisasi tersebut.
            Menurut pendapat Sedarmayanti, 2001:71, Organisasi dapat dirumuskan sebagai “ Bentuk atau susunan orang-orang atau badan-badan dengan tugas pokok dan fungsi tertentu dan diatur prosedurnya sehingga terdapat hubungan serat kerja sama beberapa orang guna mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan”.
            Melalui organisasi yang tepat, tugas-tugas pekerja dapat ditetapkan sehingga tanggung jawab dapat dipastikan dengan serta merta.Lebih dari itu melalui organisasi,pekerjaan yang lebih efisien dapat dilaksanakan dengan prinsip spesialisasi yang lebih tajam.

BAB II
PEMBAHASAN
a.     Pengertian dan Ruang Lingkup Organisasi
Organisasi menurut John M. Pfiffner adalah penataan individu dan fungsi dalam hubungan yang produktif  Lebih lanjut Sondang P. Siaguan menyatakan organisasi dapat ditinjau dari dua sudut yaitu sebagai wadah dan sebagai proses analisis interaksi antara orang-orang yang menjadi anggota organisasi.
Unsur-unsur organisasi dalam pelaksanaan kegiatan terdiri dari :
a.     Manusia                  c. Tugas atau kegiatan
b.    Tujuan                     d. Peralatan atau fasilitas

Unsur-unsur manajemen menurut George R. Terry terkenal dengan sebutan the six M’s of Management terdiri dari :
a.     Manusia (Men)         c. Uang (money)
b.    Mesin (machines)    d. Tata Cara (method)
c.     Barang (material)     e. Pasar (market)


b.  Asas-asas pokok pengorganisasian
     a. Asas Pembagian tugas          f. Asas pendelegasian wewenang
     b. Asas Fungsional                   g. Asas Keluwesan
     c. Asas Koordinasi                    h. Asas Rentang Pengendalian
     d. Asas Kesinambungan            i. Asas Jalur & Staf
     e. Asas Akordion                      j. Asas Kejelasan dalam pembaganan

c. Prinsip organisasi
     a. Prinsip pembagian tugas pekerjaan    d. Rentang Pengawasan
     b. Prinsip departemensalisasi                e. Sentralisasi & desantrilisasi
     c. Prinsip Rantai komando                     f. Formalisasi

d. Fungsi organisasi
     a. Sebagai alat/sarana
     b. Sebagai kelompok/himpunan orang-orang
     c. Sebagai proses pembagian tugas/pekerjaan

e. Tipe-tipe bentuk organisasi
     a. Organisasi lini                        d. Organisasi panitia
     b. Organisasi fungsional                        e. Organisasi matrix
     c. Organisasi lini & staf              f. Organisasi informal

f. Asas pengorganisasiaan pelaksanaan pekerjaan kantor
     Menurut Sedarmayanti (2001:30) asas pengorganisasiaan adalah sebagai berikut :
     a. Asas sentralisasi (pemusatan)
     b. Asas desentralisasi (pemencaran)
     c. Asas gabungan sentralisasi & desentralisasi

BAB III
PENUTUP
a. Kesimpulan
     Tempat dan pusat kegiatan yang ada hubungannya dengan usaha pencapaian tujuan organisasi disebut juga kantor. Dimana kegiatan kantor disebut juga dengan kegiatan Tata Usaha dengan memperhatikan 6 prinsip dalam mendesain struktur organisasi yang terdiri dari :
1.   Spesialisasi pekerjan                 4. Rentang pengawasan
2.   Departementalisasi                    5. Sentralisasi dan desentralisasi
3.   Rantai komando                        6. Formalisasi

b. Daftar Pustaka

Buku Materi Administrasi Perkantoran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar