MAKALAH ORGANISASI PEKERJAAN KANTOR
MATA KULIAH ADMINISTRASI PERKANTORAN
TUTOR : MAS HALIMAH
Disusun Oleh : Sari Faadhila
UPBJJ UT JAKARTA
TUGAS 1
UNIVERSITAS TERBUKA
TAHUN 2016
BAB I
PENDAHULUAN
a.
Latar Belakang
Timbulnya
suatu organisasi karena adanya tujuan yang ingin dicapai. Agar tujuan manajemen
tercapai, seorang pemimpin memerlukan organisasi. Organisasi sebagai hasil dari
proses manajemen, merupakan rangka dasar tempat orang-orang melakukan sesuatu
dimana didalamnya mencangkup alokasi tugas dan penyusunan tugas. Organisasi
memiliki tugas pokok dan fungsi yang memberikan corak dan sifat organisasi
tersebut.
Menurut
pendapat Sedarmayanti, 2001:71, Organisasi dapat dirumuskan sebagai “
Bentuk atau susunan orang-orang atau badan-badan dengan tugas pokok dan fungsi
tertentu dan diatur prosedurnya sehingga terdapat hubungan serat kerja sama
beberapa orang guna mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan”.
Melalui
organisasi yang tepat, tugas-tugas pekerja dapat ditetapkan sehingga tanggung
jawab dapat dipastikan dengan serta merta.Lebih dari itu melalui
organisasi,pekerjaan yang lebih efisien dapat dilaksanakan dengan prinsip
spesialisasi yang lebih tajam.
BAB II
PEMBAHASAN
a.
Pengertian dan Ruang Lingkup Organisasi
Organisasi menurut John M. Pfiffner adalah penataan
individu dan fungsi dalam hubungan yang produktif Lebih lanjut Sondang P. Siaguan menyatakan
organisasi dapat ditinjau dari dua sudut yaitu sebagai wadah dan sebagai proses
analisis interaksi antara orang-orang yang menjadi anggota organisasi.
Unsur-unsur organisasi dalam pelaksanaan kegiatan terdiri
dari :
a. Manusia c. Tugas atau kegiatan
b. Tujuan d. Peralatan atau fasilitas
Unsur-unsur manajemen menurut George R. Terry terkenal
dengan sebutan the six M’s of Management terdiri dari :
a. Manusia (Men) c. Uang (money)
b. Mesin (machines) d. Tata Cara (method)
c. Barang (material) e. Pasar (market)
b. Asas-asas pokok pengorganisasian
a.
Asas Pembagian tugas f. Asas
pendelegasian wewenang
b. Asas Fungsional g. Asas Keluwesan
c. Asas
Koordinasi h. Asas
Rentang Pengendalian
d. Asas
Kesinambungan i. Asas Jalur
& Staf
e. Asas
Akordion j. Asas
Kejelasan dalam pembaganan
c. Prinsip organisasi
a.
Prinsip pembagian tugas pekerjaan d.
Rentang Pengawasan
b. Prinsip
departemensalisasi e.
Sentralisasi & desantrilisasi
c. Prinsip Rantai
komando f. Formalisasi
d. Fungsi organisasi
a.
Sebagai alat/sarana
b. Sebagai
kelompok/himpunan orang-orang
c. Sebagai
proses pembagian tugas/pekerjaan
e. Tipe-tipe bentuk
organisasi
a. Organisasi
lini d. Organisasi
panitia
b. Organisasi
fungsional e.
Organisasi matrix
c. Organisasi
lini & staf f. Organisasi
informal
f. Asas
pengorganisasiaan pelaksanaan pekerjaan kantor
Menurut
Sedarmayanti (2001:30) asas pengorganisasiaan adalah sebagai berikut :
a. Asas
sentralisasi (pemusatan)
b. Asas
desentralisasi (pemencaran)
c. Asas gabungan
sentralisasi & desentralisasi
BAB III
PENUTUP
a. Kesimpulan
Tempat
dan pusat kegiatan yang ada hubungannya dengan usaha pencapaian tujuan
organisasi disebut juga kantor. Dimana kegiatan kantor disebut juga dengan
kegiatan Tata Usaha dengan memperhatikan 6 prinsip dalam mendesain struktur
organisasi yang terdiri dari :
1.
Spesialisasi pekerjan 4. Rentang pengawasan
2.
Departementalisasi 5. Sentralisasi dan
desentralisasi
3.
Rantai komando 6. Formalisasi
b. Daftar Pustaka
Buku Materi
Administrasi Perkantoran
Tidak ada komentar:
Posting Komentar